Sabtu, 31 Maret 2012

NASI TO Tasikmalaya

Anda sedang berkunjung ke kawasan Tasikmalaya, sebuah kota yang tak seberapa jauh dari Kota Bandung sebagai sentralnya Jawa Barat? Belum tahu menu apa yang pas dijadikan santapan ketika ada di Tasikmalaya? Kalau begitu, patut untuk mencoba apa yang disebut dengan Nasi Tutug Oncom. Belum pernah tahu sebelumnya? Coba dech, dijamin Anda akan ketagihan untuk lagi dan lagi mencobanya! # konon katanya saya pun belum pernah coba piss..
Nasi Tutug Oncom memang menu yang sudah sangat familiar dikalangan masyarakat Sunda tak terkecuali dengan Tasikmalaya tentunya yang merupakan bagian dari daerah Sunda. Jika sudah tak sabar ingin segera menjajalnya Anda bisa mendatangi kedainya Ny. Tini yang berada di Jalan Koletoran. Warung Tutug Oncom ini memang sudah dikenal oleh banyak orang, bukan hanya oleh orang-orang disekitar warung tersebut saja, namun juga oleh banyak kalangan pendatang.
Namun sayangnya kedai Ny Tini hanya melayani pelanggannya dari pagi sekitar jam 06.00 – 14.00 siang saja. Namun jangan khawatir, karena jika Anda lapar di sekitar jam 15.00 sampai jam 19.00 Anda bisa menyambangi warung Tutug Oncomnya Ny. Juju yang rasanya hampir seimbang. Lokasinya ada di Jalan Dadaha, Tasikmalaya. Nasi Tutug Oncom sendiri terbuat dari oncom yang dipanggang yang kemudian dihancurkan bersamaan dengan kencur, jahe maupun garam dan dicampurkan dengan nasi putih.
Dalam penyajiannya biasanya dibarengi dengan lalapan khas Sunda dan berbagai gorengan. Seperti tahu,tempe balut tepung, bala-bala (bakwan), telor ceplok, kerupuk dan juga sambal. Sedangkan sambalnya ada dua pilihan, ada sambal bajak yang terbuat dari tumisan tomat, kemiri dan cabai merah yang dihaluskan. Pilihan lainnya ada sambal goang yang lebih pedas, karena berisi cabai rawit hijau yang ditumbuk kasar dengan garam lalu disiram minyak goreng panas.
Lokasi
Nasi Tutug Oncom berada di Jalan Kolektoran/ H ikik Wiradikarta dan Jalan Dadaha, Tasikmalaya, Jawa Barat –Indonesia.
Jam buka: jam 06.00 – 14.00 dan jam 15.00 – 19.00
Selamat Berkunjung!
semoga cocok dengan lidah anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar